Kandungan Gizi Daging Ayam Yang Wajib Kamu Tahu

Bisnis Waralaba Fried chicken Ayam Goreng
17 Bisnis Waralaba Fried Chicken di Jakarta dan Sekitarnya
December 20, 2019
Bisnis ayam potong biar kaya
5 Cara dan Strategi Bisnis Ayam Potong Biar Untung Besar
December 24, 2019

Kandungan Gizi Daging Ayam Yang Wajib Kamu Tahu

Olahan daging ayam, Kandungan Gizi daging ayam segar, Bisnis Kuliner ayam

Kandungan gizi Daging – Manfaat daging ayam bagi kesehatan sangat baik tentunya, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Mengkonsumsi daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan mengurangi risiko kanker, namun semua itu tergantung bagaimana cara penggunaan bahan serta memasaknya. Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan zat-zat yang diperlukan untuk metabolisme, beberapa zat tersebut ternyata ada pada kandungan gizi daging ayam, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama.

Ayam merupakan hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia, dan telah diternakkan dan di konsumsi selama ribuan tahun lalu. Hingga abad ke-19 ayam dipelihara di rumah-rumah, dengan tujuan untuk bisa dikonsumsi telur dan dagingnya. Namun pada awal abad ke-20, peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam yang berorientasi pada bisnis, karena permintaan pasar yang terus meningkat.

8

Fakta Kandungan Gizi Daging Ayam

United States Departemen of Agriculture (USDA) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat, mengeluarkan data-data terkait kandungan gizi pada daging ayam. USDA merupakan departemen eksekutif federal pemerintah amerika serikat yang bertugas membuat dan melaksanakan kebijakan pemerintah mengenai pertanian, kehutanan, dan pangan. Departemen ini bertujuan memenuhi kebutuhan para petani, peternak, menjamin keselamatan makanan, dan melindungi sumber daya alam. Menurut USDA, daging ayam memiliki kandungan air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g). lemak jenuh ( 4 g), kolesterol ( 75 mg), kalsium (11 g), besi (0,9), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), seng (1,3 mg), vitamin C, vitamin B-12, vitamin D , serta vitamin K.

Pada bagian dada ayam biasanya memiliki daging yang lebih banyak dan berserat, berbeda dengan daging pada paha ayam, bagian ini lebih basah dan gurih. Bagian dada dan paha merupakan pilihan utama bagi masyarakat saat memesan ayam, ternyata di kedua bagian tersebut juga memiliki nutrisi tersendiri yaitu :

  • Protein

Semua daging hewani mengandung protein, termasuk daging sapi, unggas, serta ikan. Satu potongan paha ayam dengan berat 85 gram, mengandung protein sebesar 21 gram. Sedangkan dada ayam mengandung protein yang lebih tinggi, 25 gram. Kebutuhan asupan protein yang disarankan per harinya adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Protein sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan juga massa otot.

  • Lemak

Kandungan lemak cenderung lebih rendah pada bagian dada ayam dibandingkan dengan paha. Satu porsi dada ayam mengandung 7 gram lemak total dan 2 gram lemak jenuh, ini merupakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Sedangkan paha ayam mempunyai lemak sebesar 13 gram lemak total dan 3,5 gram lemak jenuh per porsi. Ini merupakan 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dari total lemak.

  • Kolesterol

Dada dan paha ayam mengandung kolesterol yang moderat. bagian dada dapat mengandung 70 mg kolesterol. Sedangkan paha ayam mengandung 80 mg kolesterol. Mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penimbunan plak pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. The American Heart Association merekomendasikan batasan asupan kolesterol perhari sebesar 200 mg untuk orang berpenyakit jantung koroner.

Hal Penting Terkait Produksi Ayam

Selain memiliki kandungan protein yang baik, daging ayam juga paling dikenal banyak membawa bakteri atau virus yang bisa membahayakan kesehatan. Beberapa aturan dan rekomendasi yang ditetapkan oleh USDA untuk memastikan distribusi ayam dikatakan aman untuk konsumsi.

  • Daging ayam yang segar adalah daging mentah yang belum dibekukan di bawah -3.3 derajat celcius.
  • Penarikan penggunaan antibiotik pada ayam, 1 minggu sebelum dipotong, sehingga tidak ada zat antibiotik yang tertinggal pada ayam.
  • Pembekuan tidak bisa membunuh bakteri, tetapi hanya akan menghentikan bakteri untuk berkembang biak, dengan memasak daging ayam secara menyeluruh pada suhu diatas 73,9 derajat celcius bakteri dalam daging ayam akan dapat terbunuh.
  • Mencuci tangan dan membersihkan bagian permukaannya untuk menghindari infeksi bakteri salmonella, staphylococcus aureus, campylobacter jejuni, listeria monocytogeneses, dan escherichia coli.

Mengkonsumsi daging ayam ternyata banyak manfaatnya, buat kamu yang ingin tak sekedar merasakan manfaat dari kandungan gizi ayam, tapi juga ingin merasakan makan ayam dengan rasa yang tidak biasa, kamu wajib coba yang namanya Ayam Strong Indonesia, di sini kamu bisa menikmati makan ayam fried chicken dengan tidak biasa, karena Ayam Strong Indonesia memiliki 6 varian rasa, yaitu

  • Ayam Strong Original
  • Ayam Strong Saus Pedas
  • Ayam Strong Sambal Geprek
  • Ayam Strong Geprek Mozarella
  • Ayam Strong Saus Keju
  • Ayam Strong Double Cheese

Jika kamu ingin melakukan pemesanan dalam jumlah besar, atau ingin berwirausaha dengan mendaftarkan diri untuk menjadi bagian franchise fried chicken kami, silahkan hubungi admin kami di 082210000062

(Visited 14,359 times, 16 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Don`t copy text!